Header Ads

Breaking News

Notice (Short Functional Text)

NOTICE

[uncountable] the fact of somebody paying attention to somebody/something or knowing about something. (Oxford Advanced Learner's Dictionary)

Notice artinya pemberitahuan. Notice dibagi menjadi command (perintah), caution (peringatan), information (informasi), dan prohibition (larangan). Notice bisa berbentuk tulisan, gambar ataupun rambu/simbol/tanda.

1. Notice: Command
Command artinya perintah. Notice Command berarti pemberitahuan yang bersifat memerintah. Notice command ini biasanya memerintah orang/pembaca untuk melakukan apa yang tertulis dalam notice tersebut.
Beberapa contoh notice command tersebut diantaranya memerintah untuk:

Melangkah dengan hati-hati.



Tidak memasuki areal / ruangan tertentu.


Notice: Caution
Caution berarti peringatan. Notice caution ini digunakan untuk memberitahukan adanya sebuah peringatan. Fungsi dari notice caution yakni untuk memperingatkan orang/pembaca agar berhati-hati atas apa yang tercantum dalam notice tersebut.
Contoh notice caution, diantaranya:
Hati-hati karna melintasi sekolah.


Hati-hati ada perbaikan.


Notice: Prohibition
Prohibition artinya larangan. Notice prohibition berarti pemberitahuan yang bersifat larangan. Notice prohibition ini melarang orang/pembaca untuk melakukan/tidak melakukan apa yang tercantum dalam notice tersebut.
Contoh notice prohibition, diantaranya:

Untuk tidak merokok.



Larangan untuk tidak berenang.




Notice: Information
Information artinya informasi. Notice Information berarti pemberitahuan yang bersifat informasi. Fungsi notice information ini yakni untuk memberikan informasi kepada pembaca atas apa yang tercantum dalam notice tersebut.
Contoh notice information, diantaranya:







No comments